Jumat, 27 Januari 2012

pengertian "gan" dan "pertamax"


Artikel ini sejatinya saya tulis gara-gara baca status Facebooknya Mas Arif Widianto. Bisa jadi jika sampeyan merupakan salah satu member aktif Kaskus, maka sampeyan tidak asing lagi dengan kata-kata ini: "Gan", "Pertamax", "Timpuk Cendol", "Ijo-ijo" dan lain-lain.

Dalam statusnya, Mas Arif menyatakan bahwa panggilan Gan, merupakan indikasi masih adanya mental terjajah dari user internet. Saya enggak tahu pasti apa yang dimaksud dengan mental terjajah ini, siapa yang terjajah dan siapa yang menjajah.. serba tidak jelas memang.

Saya coba mencari penelurusan arti dan maksud dari kata-kata tersebut.

Gan
Bisa jadi ini merupakan singkatan dari kata "Juragan". Menurut KKBI daring, arti juragan sendiri adalah pengganti kata tuan/nyonya dari pekerja/orang upahan terhadap majikannya.

ju·ra·gan n 1 sebutan orang upahan thd majikan; tuan; nyonya; 2 pemilik perusahaan (terutama perusahaan batik): ia adalah seorang -- batik yg kaya raya; 3 pemilik dan pemimpin perahu (kapal)
Jika berdasarkan dengan arti disini, maka bisa jadi apa yang dikatakan oleh temen saya tadi benar adanya. Sebutan ini di internet memang diakui pertama kali dipopulerkan oleh forum Kaskus, namun tentu saja makna sesungguhnya dalam forum tersebut tidak seperti yang dituliskan di kamus tersebut. Sebutan "gan" dalam Kaskus tak lebih upaya penghormatan bagi sesama anggota forum. Disamping itu ada pula panggilan "momod" dan "mimin" yang hanya ditujukan oleh kaskuser bagi moderator saja.

Pertamax
Yang jelas kata ini bukanlah sejenis bahan bakar yang dijual olehSPBU Pertama. Jauhhh sekali artinya. Bahkan bisa jadi kita tak akan menemukannya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Terus terang saya juga penasaran banget dengan kata ini. Syukurlah, dalam beberapa thread pencarian di Google, akhirnya dapat ditemukan makna yang mungkin mendekati kebenaran. Pertamax, sebenarnya merupakan gabungan dari 2 kata, yaitu "pertama" dan "x (baca: kali)". Jadi "pertamax" sebenarnya harus dibaca sebagai "pertama kali". Memang ada sedikit unsur alay disini :D. Pertamax itu bisa jadi suatu gengsi tersendiri,soalnya susah buat reply yang paling pertama di thread stater (TS) kaskus berhubung forum itu rame banget.

Cendol, Ijo-ijo dan bata merah
Sebenarnya kata-kata ini lebih diarahkan kepada rating sebuah topik. Kata sebenarnya adalah good reputation point (GRP) dan bad reputation point (BRP). Jika sebuah topik mendapatkan rating yang positif maka user (kaskuser) yang lin dapat memberikan cendol atau ijo-ijo sebagai bentuk GRP. Sedangkan jika topiknya basi maka user yang lain dapat melemparkan sebuah bata sebagai bentuk BRP. Hanya user yang telah memposting 2000 post yang bisa memberikan cendol atau bata merah.

Maho
Kependekan dari "manusia homo." Kata yang digunakan untuk mencela. (emoticon maho)

Thread/Trit
Halaman berisi suatu topik yang dibuat oleh seorang Kaskuser. Orang yang memulai sebuah thread disebut TS (thread starter).

TKP
Singkatan dari "tempat kejadian perkara", digunakan untuk menggantikan kata pranala (link)

Kulkas
Kata lain dari control panel, tempat untuk melihat jumlah BRP ataupun GRP yang telah diterima.

Jadi apakah sampeyan pengen yang pertamax ngisi komentar di artikel ini? ....  wkwkkwwk  ;

1 komentar:

Cara Mengatasi Usb Not Recognized

Dengan semakin banyaknya device USB saat ini dengan kemudahan dan kecepatan transfer data 12 megabit per detik, bersifat ‘hot swappable’ ar...